Deskripsi Umum Pembelajaran Bahasa Indonesoa

Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa melalui pembacaan, penulisan, dan pemahaman berbagai jenis teks, baik fiksi maupun nonfiksi. Siswa diajak untuk memahami isi dan struktur teks, mengeksplorasi kosakata, serta menulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan.

Materi pembelajaran meliputi:

  1. Teks Fiksi: Siswa memahami unsur intrinsik teks cerita pendek, dongeng, dan fabel. Siswa juga diajak untuk membuat cerita sederhana berdasarkan ide kreatif mereka.
  2. Teks Nonfiksi: Siswa membaca dan memahami teks laporan, wawancara, dan prosedur, serta belajar menyusun laporan dan teks prosedur berdasarkan pengamatan atau pengalaman mereka.
  3. Puisi dan Pantun: Siswa mengenali ciri-ciri puisi dan pantun, kemudian menciptakan karya mereka dengan memperhatikan pola rima dan isi yang sesuai.
  4. Berbicara dan Berdiskusi: Siswa diajak untuk melatih keterampilan berbicara melalui diskusi kelompok, presentasi, dan pementasan cerita.
  5. Menyunting Teks: Siswa mempraktikkan kemampuan menyunting teks untuk memperbaiki kesalahan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berbasis proyek, diskusi, dan eksplorasi budaya lokal sebagai sumber inspirasi pembelajaran. Penilaian dilakukan melalui portofolio, proyek, dan asesmen formatif sesuai kebutuhan belajar masing-masing siswa.

Pembelajaran ini dirancang untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, serta mencintai bahasa dan budaya Indonesia.