Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 semester 2 dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa dalam memahami konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan alam dan sosial yang terintegrasi dengan fenomena kehidupan sehari-hari.
Materi pembelajaran semester 2 meliputi:
Lingkungan dan Sumber Daya Alam
Siswa belajar mengenali hubungan antara komponen ekosistem, rantai makanan, dan siklus energi.
Siswa memahami pentingnya pelestarian lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bijak.
Perubahan di Bumi
Memahami proses terjadinya siklus air, bencana alam seperti banjir dan gempa bumi, serta dampaknya terhadap kehidupan.
Menjelaskan peran manusia dalam mengurangi risiko bencana.
Energi dan Perubahannya
Mengenali jenis-jenis energi, seperti energi panas, cahaya, dan gerak, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksplorasi konsep perubahan energi, seperti energi listrik menjadi energi cahaya.
Interaksi Sosial dalam Masyarakat
Mengidentifikasi hubungan sosial dalam masyarakat, seperti gotong royong, kerjasama, dan interaksi antarindividu dan kelompok.
Mengkaji dampak perkembangan teknologi terhadap interaksi sosial dan lingkungan.
Teknologi dan Inovasi
Mengamati pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia, seperti alat transportasi dan komunikasi.
Mengembangkan ide sederhana untuk menciptakan alat yang memudahkan aktivitas sehari-hari.
Proses pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), pengamatan langsung, dan eksperimen sederhana dilakukan untuk mendorong siswa menggali potensi dirinya dalam memahami konsep IPAS. Penilaian dilakukan melalui portofolio, proyek, dan asesmen formatif dengan memberikan ruang untuk refleksi dan perbaikan.
Pembelajaran ini bertujuan membangun kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga keseimbangan alam, berperilaku ramah lingkungan, dan menghargai keberagaman sosial budaya.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 semester 2 dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa dalam memahami konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan alam dan sosial yang terintegrasi dengan fenomena kehidupan sehari-hari.
Materi pembelajaran semester 2 meliputi:
Lingkungan dan Sumber Daya Alam
Perubahan di Bumi
Energi dan Perubahannya
Interaksi Sosial dalam Masyarakat
Teknologi dan Inovasi
Proses pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), pengamatan langsung, dan eksperimen sederhana dilakukan untuk mendorong siswa menggali potensi dirinya dalam memahami konsep IPAS. Penilaian dilakukan melalui portofolio, proyek, dan asesmen formatif dengan memberikan ruang untuk refleksi dan perbaikan.
Pembelajaran ini bertujuan membangun kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga keseimbangan alam, berperilaku ramah lingkungan, dan menghargai keberagaman sosial budaya.