Deskripsi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 5 Semester 2
Pembelajaran Bahasa Inggris kelas 5 semester 2 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi siswa secara lisan dan tertulis melalui tema-tema yang kontekstual dan menarik. Siswa diajak untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing) dengan fokus pada penguasaan kosakata dan struktur bahasa sederhana.
Materi pembelajaran meliputi:
Daily Activities and Routines
Mengenal kosakata tentang aktivitas sehari-hari.
Membuat dan menjawab pertanyaan sederhana tentang rutinitas menggunakan pola kalimat present simple.
Describing People, Places, and Things
Mempelajari kosakata terkait sifat, ukuran, warna, dan bentuk.
Menyusun kalimat deskriptif sederhana tentang seseorang, tempat, atau benda.
Giving and Following Instructions
Memahami dan memberikan instruksi sederhana terkait aktivitas sehari-hari atau tugas di kelas.
Berlatih memberikan arahan dengan ungkapan seperti "Turn left," "Go straight," atau "Please sit down."
Expressing Preferences and Feelings
Mengenal ungkapan untuk menyatakan kesukaan dan ketidaksukaan, seperti "I like..." dan "I don’t like...".
Mempraktikkan ungkapan sederhana untuk menyatakan perasaan, seperti "I’m happy" atau "I’m tired."
Short Stories and Dialogues
Membaca cerita pendek atau dialog sederhana untuk melatih pemahaman teks dan pengucapan.
Membuat dan memerankan dialog sederhana dengan tema yang relevan.
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah berbasis aktivitas (activity-based learning) dengan melibatkan permainan, lagu, dan proyek kecil seperti membuat kartu ucapan, poster, atau cerita singkat. Penilaian dilakukan melalui proyek, portofolio, dan asesmen formatif untuk mendorong kemajuan berkelanjutan.
Pembelajaran ini bertujuan membangun kepercayaan diri siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan melatih keterampilan yang relevan untuk kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran Bahasa Inggris kelas 5 semester 2 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi siswa secara lisan dan tertulis melalui tema-tema yang kontekstual dan menarik. Siswa diajak untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing) dengan fokus pada penguasaan kosakata dan struktur bahasa sederhana.
Materi pembelajaran meliputi:
Daily Activities and Routines
Describing People, Places, and Things
Giving and Following Instructions
Expressing Preferences and Feelings
Short Stories and Dialogues
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah berbasis aktivitas (activity-based learning) dengan melibatkan permainan, lagu, dan proyek kecil seperti membuat kartu ucapan, poster, atau cerita singkat. Penilaian dilakukan melalui proyek, portofolio, dan asesmen formatif untuk mendorong kemajuan berkelanjutan.
Pembelajaran ini bertujuan membangun kepercayaan diri siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan melatih keterampilan yang relevan untuk kehidupan sehari-hari.